" Gereja Katolik Australia Kaitkan Selibat dengan Kejahatan Seks Pastur "



Gereja Katolik di Australia mengeluarkan laporan yang mengaitkan kewajiban selibat para pastur dengan kejahatan seks terhadap anak-anak yang marak terjadi. Pihak gereja pun merekomendasikan agar para pastur mendapatkan pelatihan "psikoseksual".

Hal tersebut disampaikan dalam laporan yang dirilis sebuah badan Gereja Katolik Australia, yang menangani kasus-kasus kejahatan seks anak yang dilakukan para pastur. Menurut badan tersebut, Truth, Justice and Healing Council, institusi gereja dan para pemimpinnya telah menutup mata atas apa yang terjadi selama bertahun-tahun.

"Kewajiban selibat juga mungkin berkontribusi pada pelanggaran dalam sejumlah kasus," demikian laporan badan tersebut seperti dilansir AFP, Jumat (12/12/2014).

Pihak Gereja Katolik membentuk dewan tersebut untuk membantu memberikan jawaban pada Komisi Kerajaan Australia atas kasus-kasus kejahatan seks yang dilakukan para pastur terhadap anak-anak. Komisi tersebut menyelidiki maraknya tuduhan fedofilia di gereja-gereja, sekolah dan lainnya.

Dewan tersebut, atas nama Gereja Katolik, mengumpulkan data-data kejahatan yang dilakukan para pastur Australia sejak tahun 1940-an silam. Hasil penyelidikan awal dewan tersebut menunjukkan bahwa jumlah pastur fedofil adalah sekitar empat persen di Australia.

"Apa yang disampaikan dalam laporan dewan kami adalah bahwa kami mengakui selibat bisa menjadi faktor penyebab," tutur pemimpin dewan tersebut, Francis Sullivan. "Kita tidak tahu hingga seberapa luas, kita tidak tahu hingga ke tingkat apa itu menjadi faktor dominan, namun kita tidak bisa mengabaikan masalah ini," tandasnya.

Belakangan ini, sebagai reaksi atas maraknya kejahatan seks pastur, pihak Gereja Katolik terus didesak untuk mempertimbangkan kembali tradisi selibat para pastur, yang telah berlangsung ratusan tahun.

Beberapa bulan lalu, Paus Fransiskus pun meminta maaf kepada para korban kejahatan seks pastur dan atas upaya-upaya gereja menutup-nutupi kasus-kasus tersebut..

Nah Lho.......??!



Ikuti diskusinya  Disini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perpuluhan Adalah Ajaran Sesat Kristen

Oral Sex in Accordance with God's Will

" SESAMA KRISTEN SALING MEMBANTAI "